Sabtu, 07 November 2020

Membuat Animasi dengan Menggunakan Plotagon



Menampilkan video pembelajaran dengan melibatkan karakter siswa dan guru merupakan salah satu upaya untuk membuat pembelajaran Daring dan Luring menjadi lebih menarik. 

Aplikasi Plotagon sebagai salah satu aplikasi animasi yang bisa dijadikan sebagai alternatif pilihan bagi guru. Menariknya, aplikasi ini bisa kita download langsung dari play store yang ada pada handphone. Sehingga kita dapat membuat video secara praktis kapanpun dan di manapun kita berada.

Sayangnya, aplikasi ini berbayar jika kita ingin memakainya secara intens. Namun tidak perlu khawatir, biayanya relatif murah dimulai dari paket yang harganya Rp 7.000,00 - Rp 35.000,00 / perbulan (jika tidak salah)

Untuk trial, kita hanya bisa memakai satu karakter saja yang aktif. Jika lebih dari itu maka karakter yang lain tidak muncul gambarnya (hanya suara saja). Itu berdasarkan pengalaman pertama saya dalam menggunakan aplikasi ini.

Yang perlu kita ingat, untuk meng-install aplikasi ini, kita bisa menggunakan akun email dan sandi pada akun google. Saya sempat mengalami kesulitan ketika mau mengaktifkan aplikasi ini, padahal tagihan sudah saya bayar agar bisa menggunakannya secara normal. Aplikasi selalu saja menggiring kita untuk melakukan pembayaran. Dari layar handphone, ada pemberitahuan via email bahwa proses pembayaran telah berhasil. Tetapi faktanya saya masih belum bisa menggunakannya. Akhirnya handphone saya boothing ulang dan berhasil.

Berikut ini contoh video yang saya buat dengan mengambil pembicaraan saya dan anak saya sebagai kontennya.


Semoga bermanfaat & semangat untuk belajar bagi para guru !

Penulis : Heni Pristianingsih, S.Pd (SDN Tunjungsekar 4 Malang)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Membuat Animasi dengan Menggunakan Plotagon

Menampilkan video pembelajaran dengan melibatkan karakter siswa dan guru merupakan salah satu upaya untuk membuat pembelajaran Daring dan Lu...